Jumat, 16 Juli 2010

brain development part 2

aku tiba2 teringat akan janjiku pada seorang sahabat yang kini telah tiada....ya aku janji sama beliau untuk menuliskan berbagai perkembangan yang minimal harus dilalui sama anaknya yg saat ini sudah berusia 2 tahun mulai dari cara penanganan tingkah laku, mainan yang cocok utk anaknya, stimulasi perkembangan dan lain-lain...mg2 ini bermanfaat utk suami yang ditinggalkan, kakaknya yang saat ini sedang dititipi amanah putrinya, dan semua orang tua yang peduli dan care dengan perkembangan anak...akan aku coba menjabarkan perkembangan anak mulai dari lahir smp usia 6 tahun berdasarkan teori yang ada and pengalaman ngajar...:)

Setiap anak lahir memiliki sekitar seratus milyar sel otak. Tetapi belum semua sel otak bayi saling terhubung dengan sempurna. Otak mengalami masa konstruksi sejak janin hingga dekade pertama masa kanak-kanak. Pemberian nutrisi dan stimulasi yang bagus, akan mengoptimalkan hubungan antarsel otak anak.

Apa yang harus dilakukan orangtua dalam membangun kecerdasan otak anak pada masa Golden Age? Pada saat anak berusia usia satu hingga lima tahun, si anak semakin kritis dan terus berkembang sering dengan bertambahnya usia.

Mudah saja. Pada usia itu, anak sangat peka dengan sentuhan, penciuman, mendengar dan melihat. Jangan banyak melarang. Hindarkan kata2 "jangan, tidak boleh, dan semacamnya" Biarkan anak anda bereksplorasi agar otaknya berkembang. Jika si kecil menyukai apa diajarkan, kerja otaknya semakin bagus karena sel otaknya terhubung dengan syaraf lain.

Berikut tahapan perkembangan kecerdasan anak dan apa yang harus dilakukan untuk membimbingnya agar anak kita menjadi pintar.

Baru Lahir
Pada usia ini, bayi merespon sesuatu dengan gerakan spontan (set reflek). Memori otak dalam mempertahankan fikiran hanya sebentar dan tidak berkesinambungan. Untuk melatihnya, baringkan bayi pada posisi telentang sehingga dia dapat melihat tangannya. Gerakan tangan akan membantu menstimulus perkembangan otak. Lakukan komunikasi dengan si bayi dengan berhadap-hadapan. Buatlah ekspresi wajah anda. Ini akan membantu si bayi meniru gerakan ekspresi anda.

Usia 16 Minggu
Bayi mulai mengenal dirinya. Dia sudah bisa membedakan mana dirinya dan bukan. Lingkungan sekitar mulai terbentuk di benaknya. Berilah dia kerincing atau ikatkan bel di sebelah tangannya agar dapat dengan mudah menemukan tangannya. Beri dia objek untuk di pukul, sehingga dengan pukulannya bisa mengeluarkan bunyi.

Usia 32 Minggu
Si bayi dapat mempertahankan pikiran lebih lama. Dia sudah merasakan kesinambungan waktu. Pada usia ini, bayi mulai merangkai dua perilaku. Berilah dia objek untuk dieksplorasi. Latih untuk memperpanjang ingatannya dengan membuat dia menunggu dalam permainan kuda-kudaan. Mainkan adegan cilukba dan memberi mainan dengan fungsi khusus, misalnya mainan yang berbunyi diletakkan di atas ranjang tidurnya.

Usia 1 tahun
Dia sekarang dapat mempertahankan pikiran cukup lama untuk membuat rencana sederhana tentang apa yang harus dilakukan. Bayi anda telah menemukan gagasan bahwa objek tetap ada, sekalipun yang tidak terlihat. Pada usia ini, anda perlu perlu sering berkomunikasi dan tunggu responnya sebelum anda merespon kembali. Mainkan permainan umpetan dan bantu dia menemukan benda yang anda umpetkan. Tunjukanlah buku-buku kepadanya.

Usia 1½ tahun
Dia mencoba bereksperimen memperlakukan objek dengan cara berbeda dan menguji apakah dia bisa memanipulasi objek dan orang di sekitarnya. Bayi anda juga telah memahami tentang dunia yang semakin abstrak. Jika dia mencoba sesuatu dan berhasil, dia akan mencoba sesuatu itu dalam situasi yang lain. Lakukan permainan meniru orang lain, misalnya memerankan tokoh anak-anak. Ajak bayi anda melakukannya. Sering-seringlah melakukan percakapan dengannya untuk menambah kosa kata.

Usia 2 tahun
Anak anda sudah dapat menjelajah, memperhatikan dan menyelidiki. Dia juga dapat menyusun rencana kegiatan yang cukup komplek. Kemampuan kosa katanya meningkat. Dia bisa membentuk kalimat sederhana dan dapat mengikuti instruksi sederhana dan dapat ingat apa yang harus dilakukan. Dia juga pandai meniru apa yang anda lakukan. Tambahlah perbendaharaan kosa katanya. Sesekali ajak bicara jika si anak sedang bermain sendiri. Coba diskusikan sesuatu yang ringan seperti bagaimana cara membuat susu untuknya.

Usia 4 tahun
Rentang perhatiannya semakin lama dan dia bertindak seakan-anak mempunyai rencana berkesinambungan dengan serangkaian pikiran yang menyertainya. Kemampunannya berbicara sudah tidak lagi memotong kalimat atas dua kata dua kata. Dia sudah mulai berpendapat dan memberi alasan untuk membantu memecahkan masalah. Berilah buku-buku. Permainan puzzel sangat membantu mempertahankan daya ingatnya. Ajaklah bediskusi tentang apa yang anak anda lakukan. Dalam berdiskusi, ajak dia melihat sesuatu hal dalam berbagai macam perspektif. Ajak dia berkunjung ke tempat dan diskusikanlah.

Usia 5 tahun
Daya ingat anak semakin luas. Dia mulai membuat perbandingan atas sesuatu. Dia sudah dapat menceritakan apa yang terjadi di masa lalu. Seringkali anak anda memberikan dan mendiskusikan sebuah alasan. Carilah kesempatan untuk memilah benda-benda, seperti menata meja belajar atau kamar tidurnya. Tambahkn koleksi bukunya. Ajaklah dia untuk berdiskusi isi buku yang dilihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar