Kamis, 01 Juli 2010

membuat makanan sehat untuk bayi

Membuat sendiri makanan sehat untuk si kecil? Terkesan ribet sepertinya, apalagi harus juga memastikan makanan si kecil adalah makanan sehat. Sebenarnya kategori sehat seperti apa ya? Simak saja Moms, beberapa hal dasar untuk memastikan makanan si kecil adalah makanan sehat :

• Yang jelas harus higienis. Pastikan Mommy mencuci tangan dengan sabun sampai bersih. Alat untuk memasak juga harus bersih. Bahan-bahan makanan yang akan dimasak juga hsarus dipastikan bersih, bebas dari kuman dan kotoran-kotoran yang menempel.

• Sehat jika bahan dasarnya adalah bahan yang segar. Pilih daging sapi atau ayam yang segar, ikan segar, buah dan sayuran yang juga segar. Padu padankan berbagai variasi makanan sehingga kebutuhan vitamin atau nutrisi si kecil lengkap dan tercukupi.

• Hindari pemakaian garam dan gula. Tidak dianjurkan untuk si kecil mengkonsumsi makanan tambahan dengan bahan garam dan gula. Garam akan membuat ginjal si kecil bekerja keras, sedangkan gula tidak baik untuk pertumbuhan gigi dan menyebabkan keinginan untuk terus makan makanan yang manis.

• Proses memasak makanan yang terbaik untuk si kecil adalah dengan mengukusnya. Dengan mengukus semua bahan makanan kandungan nutrisi pada masing-masing bahan makanan tetap terjaga dengan baik. Jangan banyak makanan goreng untuk si kecil, karena akan meningkatkan lemak pada makanan.

• Pastikan makanan si kecil halus sempurna, atau jika si kecil sudah mulai besar boleh sedikit kasar sesuai dengan pertumbuhan si kecil.

• Sajikan hangat untuk si kecil. Makanan dengan bahan segar boleh disimpan di lemari es, tapi tidak boleh lebih dari 48 jam dengan syarat belum tercampur dengan air liur bayi. Jadi jangan lupa memberi label pada tempat penyimpanan makanan untuk si kecil. Gunakan sendok yang berbeda untuk mengambil makanan dengan menyuapi si kecil untuk mencegah air liur tercampur keseluruh makanan. Hangatkan kembali sesuai dengan suhu kamar saat si kecil akan mengkonsumsinya.

Mungkin Mommy berpikir, butuh berapa waktu untuk melakukan semuanya itu? Tapi sekarang sudah banyak teknologi canggih yang benar-benar membantu Mommy untuk melakukan hal tersebut tanpa banyak hal yang harus disediakan.
Dianjurkan nih Moms, pemakaian food processor untuk bayi yang disebut dengan steam cooker. Untuk mengukus semua makanan, daging, buah, atau sayuran. Nah, khusus untuk daging, steam cooker bisa menghasilkan kaldu juga untuk campuran saat makanan dihaluskan. Setelah semua selesai mengukus, tentunya tanpa mengurangi nutrisi pada bahan makanan, Mommy tinggal mencampurnya jadi satu, dengan menggunakan fungsi blender makanan akan secara otomatis dihaluskan sesuai keinginan Mommy. Bahkan juga dilengkapi dengan penghangat untuk menghangatkan kembali makanan si kecil. Mengurangi keribetan dalam menyiapkan makanan dan menolong untuk menghemat waktu Mommy.

Dengan membuat makanan sendiri untuk si kecil Mommy sudah menanamkan kebiasaan makan makanan sehat kepada si kecil, selain itu Mommy bisa berkreasi dengan macam-macam jenis bahan makanan sesuai inisiatif Mommy sendiri. Mommy juga yang mengontrol sendiri makanan si kecil bebas dari zat-zat yang berbahaya untuk si kecil.

Bagaimana dengan makanan bayi instant?
Kelebihannya hanya soal waktu. Tapi sekali lagi Moms, bahan segar jauh lebih baik untuk si kecil. Pehatikan juga bahan pengawetnya, kadar gula atau garamnya. Variasi makanan juga terbatas dibanding membuat sendiri. Dan biasanya harga juga lebih mahal daripada membuat makanan sendiri untuk si kecil. Dalam proses pembuatannya Mommy juga tidak bisa mengontrol secara langsung kebersihannya dan pemakaian bahan-bahan makanannya.

Source : www.bettermomtday.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar